01 Aug 2020, 11:35Kandungan

Terlambat mens

NB
Info Penanya: NB0
Dok,sy mau tanya Bulan januari sy melahirkan,sy mengasii,sempat d bulan mei sy kasih asi lewat botol dan sesekali sufor, di bulan mei sy mendapat haid pertama dan juni haid ke2,bulan juli sy menyusui secara full tanpa botol tnpa sufor .tp ternyata d juli sy blm mndpat haid sy sempat usg kata dokter sy blm hamil,d d ksh obat nerolut 15 bji obat udh hbis 2hari yg lalu tp sy jg blm mndpat mens,kmrin stelah usg sempat 2x tespeck d hari berbeda jg hasil negatif,knp sy tdk mens,apa sy bsa psang iud?
7109 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam NBK,Apabila dilakukan USG dan pemeriksaan testpack juga hasilnya tetap negatif berarti tidak ada kehamilan. Terlambat haid sendiri bisa tidak selalu karena hamil, tetapi bisa karena faktor lain seperti misalnya gangguan hormonal, stres, aktivitas fisik berat, kurang tidur atau pola tidur berantakan karena bayi, gangguan organ reproduksi dan faktor lainnya.Jika sudah dipastikan tidak hamil, maka bisa dilakukan penggunakan alat kontrasepsi termasuk IUD atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) yang juga dikenal dengan istilah KB spiral. Sebelum menggunakan IUD perlu mengetahui apa kelebihan dan kekurangan IUD itu sendiri seperti:Kelebihan IUD:
  • Dapat digunakan dalam waktu lama bisa 3-5 tahun
  • Tidak perlu digunakan atau dikonsumsi setiap hari sepreti pil KB
  • Bisa dilepas kapan saja jika sudah berencana hamil kembali
  • Tidak memerlukan waktu untuk kembali subur setelah IUD di lepas
Kekurangan IUD:
  • Pemangan IUD perlu dilakukan oleh tenaga prosional
  • Letaknya bisa bergeser
  • Bisa menimbulkan perdarahan diluar masa menstruasi
  • Bisa menimbulkan sejumlah efek samping terutama penggunaan IUD hormonal seperti berjerawat, rasa tidak nyaman di payudara, gangguan menstruasi, nyeri saat berhubungan seksual
Meskipun begitu tidak selalu efek samping tersebut bisa muncul, jadi bisa juga dikonsultasikan mengenai KB apa yang tepat digunakan pada kondisi menyusui saat ini agar disesuaikan dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil