Apa saja penyebab terlambat haid?

YP Info Penanya: YP, Pria, 20 Tahun
Selamat pagi dok..saya ingin bertanya,di bulan februari tgl 23 saya berbunga badan,dan di bulan Maret nya tgl 17 saya haid seperti di bulan februari tgl 17,dan setelah haid itu saya tidak pernah berhubungan badan lg,tpi knpa kok sampai tgl 25 April saya blm haid jgk ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terlambat haid bukan berarti selalu dikaitkan dengan kehamilan. Telat haid juga bisa menjadi tanda beberapa kondisi. Normalnya siklus menstruasi sekitar 21-35 hari. Namun beberapa wanita bisa datang bulan lebih maju dari siklus tersebut atau bisa mundur dari siklus tersebut.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan haid Anda terlambat adalah :

  • Gangguan tiroid
    Di dalam tubuh kelenjar ini berperan dalam mengatur metabolisme tubuh. Bila kelenjar tiroid terganggu dan tidak bekerja dengan baik.
  • PCOS (Polikistik Sindrom Ovarium)
    PCOS merupakan adanya kelainan pada hormon dan sistem metabolisme tubuh sehingga fungsi indung telur terganggu.
  • Ketidakseimbangan hormon
    Ketidak seimbangan esterogen dan progesteron dapat menggangu siklus haid Anda.
  • Stress, dll

Untuk mengatasi keluhan terlambatnya haid Anda sebaiknya Anda menghindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, mengkonsumsi makanan yang bergizi, melakukan rileksasi dan meditasi dengan hal-hal yang disukai, menerapkan pola hidup sehat. Namun jika hingga lebih dari 1 bulan Anda tidak kunjung haid sebaiknya periksakan ke dokter kandungan untuk mencari tahu penyebab pasti dari terlamatnya haid Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.