Terlambat haid, kapan bisa melakukan test pack ?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 1 Tahun
Dok,sya bulan juli awal haid, tgl 24 agustus saya tidak haid sampai sekarang september tgl 3, apa kah sdh bisa di lakukan tespack ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MS.

Terlambat haid seringkali diidentikan dengan kehamilan. Hal tersebut umumnya merupakan salah satu tanda awal kehamilan, namun tidaklah mutlak karena masih banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan keterlambatan haid. Berbagai faktor tersebut umumnya berhubungan dengan gangguan keseimbangan hormon, yang dapat berupa kelelahan, pola makan tidak sehat, berat badan yang tidak normal, hingga kondisi medis dan penyakit tertentu.

Mengenai pertanyaan Anda tentang waktu untuk melakukan pemeriksaan test pack, agar lebih akurat dapat dilakukan setelah adanya keterlambatan haid minimal 10 hari. Dan apabila satu minggu kedepan masih tidak kunjung haid maka alangkah baiknya dilakukan pengulangan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu pada hormon kehamilan untuk meningkat secara signifikan, apabila memang telah terjadinya kehamilan. Kadar yang signifikan akan dapat dideteksi oleh test pack dengan baik.

Adapun tanda kehamilan lainnya yang meliputi :

  • morning sickness (mual muntah yang umumnya terjadi di pagi hari)
  • perubahan pada payudara
  • munculnya kram perut dan flek
  • timbulnya keputihan

Jika Anda ingin segera mengatahui kemungkinan kehamilan, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan deteksi kehamilan menggunakan sampel darah yang dilakukan di laboratorium. Pasalanya pemeriksaan tersebut lebih akurat dari test pack dan dapat dilakukan kapanpun. Anda juga dapat diperiksa menggunakan USG secara langsung oleh dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.