Terlambat haid tapi hasil tes kehamilan negatif. Apa penyebabnya?

RV Info Penanya: RV, Wanita, 22 Tahun
saya hpht tgl 5 september 2019 sampai sekarang belum haid lagi tp di tespack negatif. kenapa ya dok? trs kapan sebaiknya periksa ke dokter kandungan. terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RV

Jarak antar menstruasi biasanya 3-5 minggu, kadang bisa terlambat atau terlalu cepat tergantung dari kondisi fisik dan kondisi psikis anda. Kondisi fisik seperti terlalu lelah, perubahan berat badan yang signifikan menjadi kurus atau gemuk, berat badan berlebihan atau berat badan kurang. Serta olahraga dan aktivitas berat. Gangguan klinis seperti diabetes dan tiroid juga dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh anda.

Kemudian bisa juga akibat psikis anda seperti stres, banyak tekanan atau depresi juga mempengaruhi produksi dan kadar hormon di dalam tubuh. Sehingga akibatnya terjadi gangguan pada siklus haid. Anda perlu mengatasi stres dengan mencari aktivitas untuk menguranginya seperti yoga, meditasi atau olahraga secara teratur.

Bila anda sudah telat haid selama sebulan anda perlu memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kandungan untuk melihat kondisi organ kandungan anda seperti indung telur, saluran tuba falopii dan rahim anda.

Tak Hamil, tapi Terlambat Menstruasi? 7 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.