Terlambat haid setelah kuret karena keguguran, apakah normal ?

A Info Penanya: A, Wanita, 25 Tahun
Hi Dok, Tgl 25 Mei lalu saya kuret (2 bulan lalu) Setelah itu saya menstruasi tapi dlm jangka waktu yg lebih lama dari biasanya. Hampir 10 sampai 14 hari. Tetapi kali ini saya belum mens, sudah telat 3 hari. Apakah itu normal atau bagaimana ya? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Terlambat haid setelah kuret karena keguguran merupakan hal yang dapat terjadi secara alami. Hal tersebut terjadi karena setelah mengalami keguguran keadaan hormon di dalam tubuh wanita hampir menyerupai proses pasca persalinan. Hormon kehamilan atau yang dikenal dengan istilah medis hCG (human chorionic gonadotropin) sendiri umumnya akan menghilang dalam kisaran waktu 6 minggu pasca melahirkan atau keguguran. Sehingga hasil test pack pun masih dapat positif dalam jangaka waktu tersebut.

Berbanding terbalik dengan hormon kehamilan, hormon pengatur siklus haid yang salah satunya adalah hormon estrogen, kadarnya secara umum masih rendah. Oleh karena itu proses ovulasi dapat terhambat dan berdampak pula pada gangguan haid yang salah satunya berupa keterlambatan. Namun demikian, keadaan ini tidaklah mutlak akan terjadi pada setiap wanita karena keadaan hormon dan alat reproduksi masing-masing wanita dapat berbeda-beda.

Untuk sementara Anda dapat mengatasi keterlambatan haid dengan cara yang alami seperti mengonsumsi air rebusan jahe, bubuk kayu manis dan menghindari makanan tidak sehat (cepat saji dan tinggi kandungan pengawet). Hendaknya juga untuk menggunakan alat kontrasepsi sementara, seperti kondom, jika hendak berhubungan. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.