29 Oct 2021, 16:09Kandungan

Terlambat haid pertanda apa?

DY
Info Penanya: DY0
Sore dok mau tanya saya berhubungan item tgl 13 september dan pada tanggal 21 september saya menstruasi, seharusnya tanggal 21 oktober saya sudah menstruasi tapi sampai sekarang belum menstruasi juga ya dok? Pertanda apa ya dok?
216 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam DY,Haid adalah siklus rutin yang dialami wanita setiap 21-35 hari sekali. Hal inilah yang seringkali tidak dipahami oleh wanita dan dianggap siklus haid setiap wanita adalah 30 hari sekali, sehingga dianggap akan selalu haid di tanggal yang sama setiap bulannya. Jadi jika jadwal haidnya sedikit bergeser akan menimbulkan kepanikan. Padahal kalender saja memiliki jumlah hari yang berbeda-beda setiap bulannya.Perlu diketahui bahwa menstruasi adalah luruhnya dinding rahim akibat tidak adanya kehamilan. Jadi jika Anda berhubungan seksual kemudian selanjutnya haid, maka artinya Anda tidak sedang hamil. Namun jika Anda berhubungan seksual, mengalami haid dan setelah haid Anda kembali berhubungan seksual maka bisa saja terjadi kehamilan.

Penyebab haid terlambat:

  • Stres takut terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.
  • Sedang diet.
  • Kelelahan dan sering bergadang.
  • PCOS.

Tips agar cepat haid:

  • Banyak makan sayuran dan buah.
  • Rutin olahraga.
  • Tidak perlu stres jika setelah haid tidak berhubungan seksual lagi.
  • Cukup tidur.
Namun jika setelah haid Anda berhubungan seksual kembali, maka lakukan tes pack untuk memastikannya. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika siklus haid Anda sering maju mundur tidak menentu.Baca juga penjelasan berikut ini mengenai terlambat haid:Salam sehat,dr. Vina
siklus haidhubungan seksualhamilgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil