23 Mar 2021, 05:45Kandungan

Terlambat haid karena konsumsi pil KB?

JZ
Info Penanya: JZ0
Selamat pagi dok...saya mau tanya kan saya mengkonsumsi pil KB cm selama suami tgs luar seminggu saya td mengkonsumsi pil KB setelah suami saya plg br sya konsumsi lagi..skrg saya SDH terlambat haid 10 hri TPI sya tespek negatif..dan selama terlambat 10 hari itu sya tetap mengkonsumsi pil..bgmn ya dok apakah itu Krn pengaruh dr hormon krna terlambat ato ada penyebab lain?
179 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang JZ,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Pil KB merupakan salah satu jenis KB yang sering digunakan di Indonesia. Pil KB merupakan salah satu jenis KB yang mengandung hormonal. Sehingga jika Anda konsumsi pil KB ada kemungkinan haid Anda menjdi tidak teratur, bisa tidak menstruasi atau mentruasi banyak sekali.

Beberapa efek samping pil KB yang sering muncul :

  • Keluarnya bercak darah di luar mentruasi
  • Nyeri pada payudara
  • Peningkatan berat badan
  • Berjerawat
  • Gangguan mood
  • dll

Untuk menjaga siklus menstruasi agar tetap lancar :

  • Perbanyak makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari
  • Management stres dengan baik
  • Pertahakan berat badan ideal 
  • Olahraga teratur minimal 3-4 kali/minggu
  • Hindari rokok dan alkohol
  • Terapkan pola hidup sehat
Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait kehamilan, Anda dapat menghubungi dokter kandungan. Atau lakukan konsultasi secara online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil