18 Mar 2021, 14:34Kandungan

Setelah berhubungan seksual, haid terlambat kenapa?

NT
Info Penanya: NT0
Selamat siang dok, dok mau bertanya bulan februari lali tanggal 17 saya Haid, lalu sekitar seminggu berikutnya saya hubungan intim dengan suami, tp suami ejakulasi diluar dok, dan dibulan maret ini saya telat 1hari, itu karna apa ya dok, soalnya setelah salah melahirkan setiap bulannya saya pasti haid dok, trimakasih
158 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, NTerima kasih atas pertanyaan AndaMelakukan hubungan seksual bagi pasangan suami istri memiliki manfaat salah satunya untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Sehingga melakukan hubungan seksual perlu dilakukan secara rutin baik sedang menjalani program hamil ataupun tidak. Hamil terjadi saat sel telur wanita dibuahi oleh sperma. Sehingga perlu dilakukan ejakulasi pria di dalam organ reproduksi wanita yaitu vagina untuk memudahkan terjadinya kehamilan. Melakukan hubungan seksual dimasa subur, mempunyai peluang besar terjadi kehamilan, meskipun demikian melakukan hubungan seksual diluar masa subur tetap ada peluang untuk terjadi kehamilan namun tidak sebersar saat sedang dalam masa subur.Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila saat melakukan aktivitas seksual dilakukan ejakulasi di luar vagina dan  dipastikan tidak ada cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma masuk, maka tidak menyebabkan kehamilan. Namun bila ada 1 sel sperma dari cairan pra ejakulasi yang masuk maka tetap ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan. Sehingga, jika siklus haid Anda mengalami keterlambatan, lakukan tes kehamilan untuk lebih memastikan.

Selain hamil, terlambat haid bisa disebabkan oleh:

  • Stres, kelelahan
  • Obesitas
  • Ketidakseimbangan hormon
  • PCOS
  • Efek samping KB
  • Penyakit organ reproduksi
Usahakan tetap konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, perbaiki jam tidur, atasi stres, jaga berat badan Anda tetap ideal dan periksa ke dokter speisalis kandungan bila keluhan belum membaik.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekshamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil