12 Mar 2021, 21:50Kandungan

Terlambat haid apakah karena hamil?

MS
Info Penanya: MS0
Dok, saya melakukan hubungan badan tanggal 4 januari, kemudian tanggal 10 januari istri saya haid. Namun, pada bulan februari hingga maret ini istri saya belum juga haid, di tanggal 20 februari saya melakukan hubungan badan lagi, dan sampai maret ini istri saya belum juga haid, apakah normal dok? Atau istri saya sedang hamil?
177 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi MS,Keterlambatan haid bagi pasangan yang sudah menikah seringkali dikaitkan dengan kehamilan. Hal tersebut ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar. Wanita hamil memang akan mengalami terlambat haid tapi bukan berarti seiap wanita yang terlambat haid pasti sedang hamil.Bila istri Anda terakhir haid tanggal 10 Januari, maka perlu dipertanyakan siklus haidnya biasanya berapa hari sekali? Bila dianggap istri Anda memiliki siklus haid 30 hari sekali maka perkiraan masa suburnya ada di tanggal 23-27 Januari. Bila berhubungan seksual di tanggal-tanggal tersebut maka akan lebih besar kemungkinan terjadinya kehamilan. Namun bila Anda berhubungan seksualnya di tanggal 20 Februari maka tentu saja bukan masa suburnya sehingga tidak mungkin terjadi kehamilan. Namun perhitungan tersebut bisa bergeser bila siklus haid istri Anda jaraknya tidak teratur.

Selain kehamilan, terlambat haid juga bisa disebabkan oleh:

  • Faktor kelelahan karena tentunya pekerjaan rumah tangga akan melelahkan tanpa disadari.
  • Sedang stres atau banyak pikiran.
  • Kurangnya asupan nutrisi.
  • Tidak pernah olahraga.
Bila Anda ragu, maka istri Anda perlu memastikannya dengan melakukan tes pack. Bila hasilnya negatif maka jalankan pola hidup sehat dengan banyak makan sayur dan buah, rutin berolahraga dan jangan bergadang. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan tetap tidak haid samasekali.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidhamilgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil