19 Jan 2021, 16:23Kandungan

Apa yang menyebabkan wanita 44 tahun tidak haid ?

CV
Info Penanya: CV0
Hallo dokter,saya ibu seorang anak yg usia saya telah 44 thn Saat ini saya sedang tdk datang bln,haid trahir yg saya ingat pd tgl 18/11/2020 dn sampai hari ini blm jg datang haid,ttapi saya enggan untuk buru² respek Krn takut kecewa seperti yg sudah 3x terjadi Yg ingin sya tanyakan apakah mgkn saya ini mmg sedang dlm keadaan hamil Diawal bln sya mrsakan keram dn nyeri diperut,sampai skrg masih sesekali ada.dn sya mrasakan pinggang sya pegal Dn bru belakangan ini sya sprt keputihan lgi
2007 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo, C.Melakukan pemeriksaan urin menggunakan alat test pack merupakan cara yang mudah, praktis, bisa dilakukan di rumah, dengan alat yang murah untuk mendeteksi awal kehamialn. Namun beberapa wanita takut untuk melakukannya. Hal ini terjadi karena wanita melakukan hubungan seksual di luar pernikahan, belum siap untuk hamil, jarak anak yang terlalu dekat, atau bahkan wanita yang tidak ingin kecewa karena terus berharap mendapatkan keturunan dan kehamilan.

Apa yang menyebabkan wanita 44 tahun tidak haid ?

Tidak haid memang selalu dikaitkan dengan proses terjadinya kehamilan. Namun selain kehamilan banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita terlambat, tidak mengalami haid, bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Salah satu penyebab tidak haid yang dapat terjadi antara lain :
  • Ibu menyusui.
  • Menggunakan alat kontrasepsi khususnya yang mengandung hormon.
  • Terjadi menopause dini.
  • Kelebihan berat badan yang mempengaruhi metabolisme tubuh dan hormon.
  • Penyakit tertentu seperti PCOS, dan kekurangan hormon tiroid.

Apakah wanita 44 tahun bisa hamil kembali ?

Wanita masih bisa hamil jika sel telur terus dihasilkan oleh ovarium dimana sel telur ini berhasil dibuahi oleh sel sperma yang sehat saat berhubungan seksual. Namun semakin bertambah  usia, maka risiko yang menyertai proses kehamilan dan persalinan juga semakin tinggi. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh, kesehatan yang dijaga lebih baik, tekanan darah dan gula terus dikontrol jika terjadi kehamilan.Telat haid yang Anda alami diikuti dengan keram perut dan keputihan bisa merupakan tanda sebuah kehamialn, untuk itu, tidak perlu takut melakukan pemeriksaan test pack atau Anda bisa langsung konsultasi dan melakukan pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil