05 Jan 2021, 15:15Kandungan

Apa yang menyebabkan telat haid 2 bulan walau tidak berhubungan seksual ?

DS
Info Penanya: DS0
Dok saya umur 15 tahun saya telat haid 2 bulan tapi dalam masa haid saya satu tahun ini lancar,baru sekali ini saya telat haid saya juga belum pernah melakukan sekaual dok saya takut terjadi apa apa dok. Tapi perut bagian bawah saya terasa kembung dan keras itu kenapa ya dok
158 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D. Proses menstruasi terjadi dimana saat seorang wanita sudah pubertas yang ditandai dengan keluarnya sel ovum yang telah matang, terjadi perubahan pada payudara yang membesar, tumbuhnya rambut kemaluan, muncul jerawat menjelang menstruasi, ada keputihan yang bening, tidak berbau, serta tidak gatal. Menstruasi ini biasanya dimulai saat wanita berusia 12 hingga 15 tahun, namun ada pula wanita yang belum sama sekali datang bulan hingga berusia 17 tahun.

Apa yang menyebabkan telat haid 2 bulan walau tidak berhubungan seksual ?

Salat satu penyebab tidak datang bulan bisa karena kehamilan. Kehamilan diawali dengan proses pembuahan dimana sel telur berhasil dibuahi oleh sperma melalui proses hubungan seksual. Setelah pembuahan terjadi, maka proses menstruasi akan berhenti hingga berbulan-bulan selama hamil bahkan setelah persalinan haid bisa saja belum kembali datang. Penyebab tidak datang bulan yang Anda alami selama 2 bulan walau sebelumnya Anda tidak melakukan hubungan seksual, dan haid lancar, ini dapat disebabkan oleh gangguan hormon esterogen dan progesteron di tubuh Anda sehingga menstruasi menjadi terganggu. Selain tu kelelahan fisik dan stress akibat pelajaran sekolah juga dapat mempengaruhi datang bulan Anda. Pert bawah yang terasa kembung dan keras juga dapat merupakan tanda bawah menstruasi akan segera datang.Lakukan pola hidup yang sehat sejak usia Anda saat ini hingga menua nanti degan berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, hindari begadang, makan makanan yang sehat, jaga berat badan tetap ideal, kelola stress dan pekerjaan sekolah dengan baik.Jika Anda masih tidak datang bulan, ajak orang tua untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan yang ada.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasipubertas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil