25 Dec 2020, 09:32Kandungan

Terlambat haid, tes kehamilan negatif, kenapa?

LA
Info Penanya: LA0
Dok saya mau tanya.. bulan bnovember saya haid tnggal 13 sampai dengan tnggl 20, bulan ini saya belum juga datang bulan.. kemarin waktu saya baru telat 3hari saya beranikan buat tespek tapi ternyta hasilnya negatif dok, padahal saya merasa ada yg aneh sama tubuh saya, misalkan perut bagian bawah sering nyeri payudara bersa kayak penuh dan nyeri, sering mual meskipun nggak cuman pagi kadang malam juga sama pusing.. itu kenapa ya dok?
400 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, LTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid normal wanita yaitu 21 - 35 hari, dihitung dari hari pertama haid terakhri sampai hari pertama haid pada periode haid bulan berikutnya. Terlambat haid bisa terjadi karena kehamilan, selain itu juga bisa pengaruh dari faktor-faktor lain pada tubuh yang bisa mempengaruhi siklus haid. Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi siklus haid:
  • Kelelahan fisik
  • Stres, cemas, depresi, ataupun emosi yang tidak stabil
  • Berat badan berlebihan atau obesitas
  • Efek samping pemakaian KB
  • Efek samping obat tertentu yang sedang dikonsumsi
  • Gangguan hormon seperti pada PCOS atau penyakit tiroid
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan pertanyaan Anda, salah satu penyebab terlambat haid bisa karena faktor yang sudah disebutkan di atas. Jika sudah melakukan tes pack hasilnya negatif sebaiknya lakukan test pack ulang dengan jeda 1 minggu kemudian untuk lebih memastikan. Hal ini diakrenakan alat test pack mendeteksi kehamilan dengan adanya hormon HCG yang terdapat pada urin wanita hamil, dimana hormon tersebut mulai bisa terdeketksi pada urin sekitar 10 sampai 14 hari setelah proses pembuahan. Selain dengan test pack, untuk memastikan kehamilan bisa dengan pemeriksaan dokter dan USG kandungan oleh dokter spesialis kandungan. Sebagai informasi tambahan, keluhan mual, muntah, pusing, nyeri perut, payudara nyeri dan keluhan lain bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan. Keluhan tersebit bisa juga disebabkan oleh masalah pencernaan, kelelahan, premenstrual syndrom atau karena kondisi medis yang lain.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidkehamilanhaidtest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil