Apakah memasukkan jari ke vagina bisa membuat hamil?

AN Info Penanya: AN
Dok, saya berumur 17th,pcr sya prnh memasukan jari ke vagina saya, saya harusnya haid tanggal 11 agustus tapi sampai skrng 25 agustus saya blm datang bulan, saya takut hamil, apakah ada solusinya untuk bisa haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AN.

Memasukkan jari ke vagina atau fingering saja tidak bisa menyebabkan kehamilan. Pasalnya, agar terjadi kehamilan, perlu ada pertemuan sperma dengan sel telur. Sperma akan dikeluarkan penis pada saat ejakulasi, dan apabila proses tersebut dilakukan di dekat atau di dalam vagina, sperma dapat berenang ke dalam rahim hingga akhirnya bertemu dan membuahi sel telur.

Akan tetapi, apabila sebelum atau setelah melakukan fingering, Anda dan pacar juga melakukan hal lain seperti:

  • Pacar menyentuh kelaminnya yang sudah mengeluarkan cairan semen atau berejakulasi (memegang sperma), lalu memasukkan jarinya ke vagina Anda
  • Anda menyentuh kelamin pacar, kemudian menyentuh vagina sendiri
  • Menggesek-gesekkan penis dengan vagina
  • Melakukan hubungan intim

Maka ada kemungkinan hamil, bisa kecil maupun besar. Oleh karena itu, perlu ditelaah lebih lanjut aktivitas apa saja yang Anda dan pacar lakukan, baru dapat diketahui kemungkinan kehamilan.

Tapi, alangkah baiknya apabila Anda memastikan sendiri di rumah dengan menggunakan testpack. Apabila tampak dua garis setelah dicelupkan ke urine, maka berarti hamil, dan sebaiknya sampaikan hal ini kepada orangtua Anda agar dapat dikonfirmasi dengan USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Tetapi, apabila tampak hanya satu garis, maka kemungkinan Anda tidak hamil, dan terlambat haid disebabkan oleh kondisi lain seperti stres, kelelahan, kegemukan, sering tidur larut malam, dan lain-lain. Anda dapat melakukan pola hidup sehat, misalnya banyak mengonsumsi sayur, rutin berolahraga, dan tidur 7-9 jam per hari agar hormon seimbang dan haid datang kembali. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebenarnya aman bagi ibu hamil naik pesawat asalkan kehamilannya sehat

Aturan Ibu Hamil Naik Pesawat, Ini Penjelasannya

Ketika hamil, ibu mungkin ingin berlibur atau memiliki urusan yang mengharuskannya naik pesawat. Ketahui aturan ibu hamil naik pesawat agar tidak keliru.