Terlambat haid disertai berbagai gejala, karena apa ?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 32 Tahun
Siang dok, saya terakhir haid kmren tgl 30 juni smpai skrang sya blm kunjung haid juga..ada cri payudara terasa membengkak n nyeri, kram perut, mudah lelah, serta ada keputihan juga..biasanya sya haidoral dg siklus rata² 30 hri, bisa djlskan knpa ya dok smpai m haid jg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA.

Terlambat haid merupakan keadaan yang banyak dialami oleh wanita di seluruh penjuru dunia. Pasalnya gangguan haid dapat disebabkan oleh banyak faktor dan umumnya berhubungan dengan kondisi hormon pengatur siklus haid. Ada pula berbagai kondisi medis yang dapat mempengaruhi hormon dan siklus haid tersebut.

Beberapa faktor dan kondisi medis tersebut diantaranya ialah :

  • kelelahan
  • pola makan tidak sehat
  • kurang berolah raga atau malah berlebih seperti atlet yang sedang dalam progam tertentu
  • stres dan gangguan emosional lainnya
  • konsumsi obat tertentu seperti obat kontrasepsi hormonal dan lainnya
  • status gizi yang terlampau kurus atau sebaliknya yaitu obesitas
  • kondisi medis tertentu, seperti kehamilan
  • penyakit tertentu seperti PCOS, gangguan kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keluhan telat haid pada Anda yang disertai berbagai gejala dapat berupa gangguan haid yang disertai sindroma pramenstrual yang berkepanjangan akibat keadaan hormon yang tidak seimbang. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut sepeti USG. Namun apabila ada riwayat berhubungan sebelumnya, hendaknya untuk terlebih dahulu melakukan pemeriksaan test pack untuk melihat mekungkinan kehamilan. Jika hasil test pack negatif mungkin salah satu faktor atau kondisi medis diatas merupakan penyebab dari keterlambatan haid pada Anda.

Untuk sementara cobalah cara alami terlebih dahulu untuk mengatasinya, yakni berolah raga rutin seperti yoga, hindari makanan tidak sehat (cepat saji dan tinggi pengawet), serta konsumsi air rebusan jahe secukupnya. Anda juga dapat berjemur 10-15 menit sebelum jam 9 pagi untuk mendapatkan manfaat vitamin D yang dapat membantu mengatasi gejala-gejala yang dialami. 

Jika pada bulan mendatang haid masih tidak kunjung datang ada baiknya untuk memeriksakan diri secara langsung kepada dokter Kandungan . 

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.