01 Aug 2020, 20:19Kandungan

Terlambat haid setelah melakukan hubungan seksual, apakah bisa hamil?

M0
Info Penanya: M00
Dok, kemaren saya haid tgl 25 juni tapi dibulan juli saya tidak haid dok, namun saya pernah melakukan hubungan bdan dg pasangan saya setelah selesai haid apakahbitu bisa dikatakan hamil?
12536 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, MTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambatnya siklus haid kerap kali dikaitkan dengan terjadinya kehamilan, walaupun memang adanya kehamilan sering didahului dengan terlambatnya siklus haid setelah melakukan hubungan seksual namun terdapat pula beberapa penyebab lain yang bisa mempengaruhi siklus haid.

Adapun beberapa penyebab lain tersebut adalah:

  • Adanya masalah hormon seperti hormon tiroid, sindrom polikistik ovarium (PCOS), dan lain sebagainya
  • Adanya stres dan kelelahan
  • Adanya efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu
  • Adanya efek samping dari penggunaan KB
  • Adanya masalah lain pada organ reproduksi wanita
Secara ideal siklus haid wanita adalah 21 - 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid pada periode bulan ini hingga hari pertama haid pada periode berikutnya. Rata-rata wanita bersiklus haid 28 hari. Siklus haid ini digunakan untuk mengetahui apakah adanya keterlambatan haid dan juga digunakan untuk menentukan masa subur. Apabila Anda memiliki siklus haid 28 hari, maka kemungkinan masa subur Anda terletak sekitar 14 hari sebelum Anda haid kembali.Perlu diketahui bahwa untuk terjadi kehamilan perlu adanya sel telur wanita yang bertemu dengan sel sperma (pembuahan). Selain itu, hubungan seksual perlu dilakukan saat wanita sedang dalam masa subur. Jika Anda malakukan hubungan seksual secara langsung setelah selesai haid, kemungkinan hari tersebut bukanlah masa subur Anda.Namun, untuk lebih amannya sebaiknya lakukan tes kehamilan jika siklus haid Anda mengalami keterlambatan. Periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat jika hasilnya positif, ataupun negatif tetapi siklus haid masih belum lancar.Hindari kelelahan, hindari stres, konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang serta lakukan olahraga rutin dan beristirahatlah dengan cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
siklus haidhubungan sekssekskehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil