Terlambat haid lalu keluar flek, apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Selamat siang dok..Saya mau tanya, saya itu telat haid 2 bulan lebih, terus kemaren itu saya keluar cuma 1 hari, tapi gak banyak dok, terus udah gak keluar akhirnya saya bersuci, setelah saya suci besok nya keluar lagi lumayan, tapi tidak seperti biasanya..Padahal saya masih usia 18 thn, dan waktu saya telat haid itu saya keputihan terus
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Terlambat haid adalah suatu kondisi ketika jadwal haid tidak datang pada tanggal yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh gangguan, perubahan, atau ketidakseimbangan pada satu atau lebih hormon tubuh, yang bisa dipicu oleh beberapa kondisi.

Berikut adalah kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan terlambatnya haid:

  • Sedang mengandung janin (hamil)
  • Menggunakan alat kontrasepsi hormonal, misalnya pil atau suntik
  • Memiliki gangguan pada kelenjar tiroid
  • Sindrom ovari polikistik
  • Sering berolahraga terlalu berat
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Berat badan berlebih (obesitas)

Apabila mengalami terlambat haid selama dua bulan lalu mengalami flek, bisa jadi flek tersebut adalah tanda akan terjadinya haid. Anda dapat memantau dulu flek tersebut, apabila diikuti oleh darah yang deras, maka kemungkinan besar itu adalah haid yang akhirnya datang.

Tetapi, jika flek berlangsung terus-menerus tanpa diikuti darah yang deras, dan terjadi lebih dari 14 hari, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya USG rahim. Setelah itu, dokter akan memberikan terapi yang sesuai.

Ke depannya, agar siklus haid senantiasa normal, selalulah menjaga keseimbangan sistem hormon dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup. Jangan lupa imbangi dengan rutin berolahraga dan bergerak aktif. Juga, jagalah kesehatan mental dengan rutin melakukan meditasi atau yoga. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.