Terlambat haid, hamil atau tidak?

A1 Info Penanya: A1, Wanita, 1 Tahun
Dok mau tanya apabila terlambat haid dibulan Mei , padahal tdk berhubungan di bln April tapi berhubungan di bulan Maret, apakah hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terlambat haid adalah kondisi ketika haid tak kunjung datang pada siklus yang seharusnya. Siklus haid normal berkisar antara 21 sampai 35 hari, bervariasi setiap wanita. Rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Terlambat haid bisa disebabkan oleh banyak kondisi, misalnya gangguan hormon tiroid, PCOS, obesitas, penggunaan kontrasepsi hormonal, ataupun kehamilan.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, sayangnya Anda tidak menyebutkan tanggal haid Anda di bulan April. Karena, tanggal haid Anda akan memengaruhi kemungkinan hamil atau tidaknya. Berikut penjelasannya:

  • Jika Anda berhubungan setelah selesai haid pada bulan Maret, berarti ada kemungkinan hamil
  • Jika Anda berhubungan sebelum haid tiba pada bulan Maret, dan bulan April dan Mei tidak melakukan hubungan intim sama sekali, maka Anda tidak mungkin hamil

Agar lebih jelas, Anda dapat melakukan testpack dengan urine pagi hari. Jika tampak dua garis pada testpack, berarti Anda hamil. Atau, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG.

Apabila benar hamil, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, hindari begadang, dan kendalikan tingkat stres ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Mengapa Bisa?

Pendarahan dapat menjadi tanda dari hamil kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Akan tetapi, Anda juga bisa mengalami hamil kosong tapi tidak pendarahan. Mengapa itu bisa terjadi?