Terlambat haid lalu keluar darah selama 3 hari

NN Info Penanya: NN, Wanita, 23 Tahun
Permisi mau tanya dok.Teman saya wanita,dia telat haid 6 hari,kemudian dia keluar darah selama 3 hari,hari pertama warna coklat,hari kedua warna merah dan banyak,hari ke 3 warna coklat lagi, dia biasanya haid selama 7 hari dok.Nah swbelumnya dia melakukan petting dan masih perawan.Apakah darah itu tanda hamil atau haid dok? Atau penyakit lain?Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NN,

Keluar darah setelah terlambat haid bisa merupakan darah menstruasi ataupun perdarahan yang timbul karena penyebab lain seperti misalnya tanda kehamilan ataupun karena gangguan di saluran reproduksi baik karena adanya tumor jinak, polip atau jaringan yang mudah berdarah, gangguan hormonal, tanda menjelang haid atau PMS dan lainnya.

Petting sendiri bukan tidak mungkin terjadi kehamilan, jika dilakukan sampai ada ejakulasi dan terjadi di dekat organ kelamin dapat memungkinkan terjadinya sel sperma mengalir masuk dan membuahi sel telur tetapi kemungkinannya itu sendiri kecil.

Untuk memastikan apakah hamil atau tidak juga bisa melakukan pemeriksaan awal kehamilan seperti menggunakan testpack. Atau menunggu hingga siklus berikutnya apakah mendapatkan haid atau tidak. Jika tidak mendapat haid maka ada baiknya memeriksakan diri pada dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya apa. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.