05 Dec 2020, 18:25Kandungan

Keluar lendir berwarna putih sebelum menstruasi, apakah normal?

ES
Info Penanya: ES0
Hallo dok, Saya mau bertanya, saya bulan kemarin terlambat haid, biasa saya dapat haid tanggal 24, bulan oktober saya haid tanggal 24 siklus haid saya 6 hari, terus bulan november saya belum dapet haid sampek tanggal 5 desember ini, saya belum menikah dan umur saya 24 tahun dok Terimaksih tolong segera dijwb dokter
1078 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo E,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Telat haid salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita, baik yang telah berhubungan seksual atau belum. Telat haid ini dapat disebabkan oleh kehamilan maupun penyebab lainnya seperti gangguan siklus menstruasi yaitu siklus menstruasi yang memanjang.

Cara menghitung siklus menstruasi

Siklus menstruasi yang normal sekitar 21 hingga 35 hari, namun dapat berbeda-beda tiap wanita. Jika seseorang mengalami siklus menstruasi yang memanjang, lebih dari 35 hari, maka wanita tersebut akan terlambat datang bulan, jumlah datang bulanpun menjadi berkurang, bisa 1x dalam 2 bulan bahkan lebih.

Penyebab telat haid

Selain itu, telat haid dapat disebabkan oleh :
  • Pubertas
  • Gangguan hormon akibat penggunaan alat kontrasepsi
  • Kerja yang terlalu berat
  • Olahraga berlebihan
  • Berat badan berlebih atau berat badan kurang
  • Stress yang berkepanjangan dan tidak dikelola dengan baik
  • Kehamilan
  • Proses menyusui
Keluhan lendir berwarna putih yang Anda alami dapat disebabkan oleh hormon menjelang menstruasi. Namun dapat disebabkan juga oleh keputihan. Keputihan ini dapat bersifat normal maupun dapat disebabkan oleh infeksi bakteri serta jamur. Jika telat haid yang Anda alami terus berlanjut, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, dan mengkonsumsi makanan bergizi, hindari makanan cepat saji, minuman kemasan yang mengandung gula tinggi. Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
tes kehamilankeputihanpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil