Terlambat haid, apa sih penyebabnya?

NR Info Penanya: NR, Wanita, 1 Tahun
Selamat siang dok..saya(singel) mau tanya,,di tanggal 28 maret kemarin saya haid.kenapa yah sampai saat ini tanggal 5 mei saya tidak haid?Apa sih penyebabnya?Dan bagaimana solusinya agar saya haid lagi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NR.

Seorang wanita akan mengalami menstruasi atau haid mulai dari masa pubertas saat remaja, sampai menopause saat lansia. Lama haid berkisar antara 3-8 hari, yang diawali dengan bercak kecokelatan, lalu menderas dan berwarna merah, dan diakhiri dengan bercak kecokelatan lagi. Normalnya, haid akan dialami secara teratur setiap 21-35 hari, dan rata-rata wanita mengalami setiap 28 hari.

Terkait pertanyaan Anda, jika selama 37 hari Anda tidak mengalami haid (28 Maret-5 Mei), perlu diketahui dulu siklus haid Anda biasanya, apakah memang berkisar antara 37 hari atau biasanya lebih cepat. Jika lebih cepat, maka Anda saat ini mengalami terlambat haid.

Terlambat haid atau siklus yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa hal:

  • Berat badan yang naik atau turun secara drastis dalam waktu singkat
  • Stres yang berlebihan
  • Gangguan tiroid
  • PCOS
  • Pola makan yang tidak baik, misalnya suka mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan jika Anda tidak haid sampai 90 hari ke depan. Untuk sementara, Anda dapat mencoba pola makan sehat (konsumsi banyak sayur dan buah yang mengandung vitamin dan mineral). Selain itu, minum air putih yang cukup setiap harinya. Jangan lupa rutin berolahraga agar berat badan ideal, dan kendalikan stres Anda agar tidak berlebihan. Semua ini bertujuan agar hormon dapat seimbang.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.