25 Jun 2020, 00:22Kandungan

Terlambat haid 40 hari, normalkah?

BK
Info Penanya: BK0
malam dok .mau tanya ni saya telat haid uda 40 harian dok disetai keputihan yg lumayan banyak dok baru x ini. dari M terakhir tanggal 15 april memang siklus saya gx teratur dok saya sudah test 2x dok baru berapa hari tadi karna siklus saya emang gx teratur hasilnya negatif hanya saja 1x nya malam dok, untuk berhubungan badan dari partama haid bulan april dok gx, untuk bulan sebelumnya juga saya telat 2 minggu dok tpi haidnya hanya 3 hari daranya banyak seperti biasaya. kira kira kenapa ya dok
22585 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, BTerima kasih atas pertanyaan AndaSetiap wanita mengalami haid atau menstruasi mulai dari usia remaja hingga menjelang masa menopausenya. Perdarahan yang terjadi pada saat haid beragam, bisa berupa bercak, cair kekentalan ataubahkan gumpalan. Warna darah yang keluar juga beragam bisa berwarna merah, merah kecoklatan, coklat, hitam atau merah kehitaman.Siklus haid seorang wanita dikatakan normal bila terjadi 21- 35 hari dengan rata-rata wanita bersiklus 28 hari. Siklus haid ini dihitung dari hari pertama haid pada bulan ini sampai dengan hari pertama haid pada bulan selanjutnya. Lamanya seorang wanita mengalami haid secara normal adalah 2 - 14 hari dengan rata-rata wanita mengalami haid selama 3-7 hari. 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan siklus haid tidak lancar adalah:

Apabila terlambat haid disertai dengan keputihan, pastikan dulu keputihannya wajar atau tidak. Keputihan merupakan hal yang wajar bila tidak disertai rasa gatal, tidak berbau, dan tidak berwarna. Bilamana keputihan berbau, berwarna kekuningan / kehijauan dan atau disertai rasa gatal, maka perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.Untuk sementara, konsumsi makanan bergizi, hindair stres dan kelelahan, istirahat cukup, jaga kebersihan area kewanitaan. Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Segera periksakan ke dokter sepsialis kandungan terdekat untuk mengetahui penyebabnya dan diberikan penatalaksanaan yang sesuai.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian 
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil