Terlambat haid dari 12 Juni, apa solusinya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Dokk, saya terlambat haid 2 bulan, waktu bulan Maret tgl 06 saya haid april saya ful tidak haid, dan haid lagi Juni tgl 12, dan sampe sekarang saya belum haid dok, di respek negatif terus, dan saya keputihan dok, jadi saya harus gmna dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Terlambat haid adalah suatu kondisi yang terjadi apabila hormon tubuh mengalami gangguan atau ketidakseimbangan. Salah satu penyebab terlambat haid memang kehamilan. Tetapi, selain kehamilan, ada sangat banyak faktor yang dapat memicu keterlambatan haid, mulai dari penyakit tertentu, penggunaan kontrasepsi hormonal, maupun pengaruh dari pola hidup yang tidak sehat.

Apabila Anda mengalami keterlambatan haid tetapi testpack berulang-ulang tetap negatif, maka kemungkinan besar bukan disebabkan oleh kehamilan, tetapi hal lainnya. Oleh karena itu, untuk sementara Anda dapat memantau dulu kondisi ini sambil melakukan pola hidup sehat agar keseimbangan hormon kembali normal.

Beberapa pola hidup sehat yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

  • Mengonsumsi buah dan sayur yang cukup
  • Mencukupi kebutuhan protein harian, bisa dari hewani (ayam, telur, daging) ataupun nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan)
  • Minum air putih yang cukup
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman dengan perasa, pewarna, atau pemanis buatan
  • Rutin berolahraga dan bergerak aktif
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Mengelola stres dengan baik, misalnya dengan yoga atau meditasi rutin

Apabila sudah melakukan hal-hal di atas tetapi haid tak kunjung datang lebih dari tiga bulan berturut-turut (sampai 12 September), maka dianjurkan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG rahim, agar dapat diketahui adakah gangguan pada rahim atau tidak. Setelah itu, dokter akan memberikan terapi yang sesuai untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Para wanita perlu mengenali tanda haid menjelang menopause agar lebih siap menghadapinya

Kenali Perubahan pada Haid Menjelang Menopause lewat 4 Ciri-cirinya

Mendekati masa menopause, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan. Siklus menstruasi termasuk hal utama yang terkena dampak perubahan ini. Agar lebih bisa mempersiapkan diri, kaum hawa perlu mengenali tanda haid menjelang menopause.