Terlambat haid setelah berhubungan seksual, apakah bisa hamil?

RO Info Penanya: RO, Wanita, 25 Tahun
Malam dok, saya mau tanya kemarin saya haid tgl 25 juni. Terus saya tgl 10 juli berhubungan namun keluar di luar . Sampe skrg saya telat 12 hari dan udh test tp negatif . Ini kenap ya dok ? Apa kah bsia terjadi ke hamilan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sikus haid seorang wanita dikatakan ideal dan normal jika terjadi setaip 21 hari hingga 35 hari. Siklus haid ini bisa diketahui dengan cara dihitung jumlah harinya sejak hari pertama haid pada periode ini, hingga hari pertama haid pada periode bulan berikutnya. Terlambatnya siklus haid ini kerap kali dikaitkan dengan adanya kehamilan, walaupun memang kehamilan bisa menyebabkannya namun selain itu juga bisa dikarenakan oleh adanya kondisi medis lainnya.

Beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan siklus haid tidak lancar adalah:

  • Stres dan atau kelelahan secara fisik
  • Berat badan yang tidak ideal seperti obesitas atau justru berat badan yang kurang
  • Masalah hormonal seperti pada PCOS
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu
  • Efek samping dari penggunaan KB
  • Perubahan berat badan mendadak karena diet ekstrim
  • Masalah pada organ reproduksi wanita

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila saat melakukan hubungan seksual pasangan Anda melakukan ejakulasi di luar vagina, maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Namun, memang sebaiknya tetap disarankan untuk melakukan tes kehamilan. Apabila hasilnya negatif, silakan lakukan tes kehamilan kembali 7 hari kemudian. Penyebab dari terlambatnya siklus haid Anda bisa dikarenakan oleh salah satu penyebab di atas, namun untuk memastikannya Anda perlu melakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan terdekat.

Pastikan agar Anda tidak stres dan kelelahan, konsumsilah makanan sehat, perbanyak sayur dan buah buahan, serta lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.