Kenapa terlambat haid test pack positif tapi ternyata tidak hamil?

EY Info Penanya: EY, Wanita, 30 Tahun
Hai dokSaya mau tanya saya telat haid 1 bulan, test pack positif tapi setelah itu saya haid kembali dan ada rasa keram diperutApakah saya keguguran?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, EY.

 

Terlambat haid sering sekali dikaitkan dengan terjadinya kehamilan, apalagi ketika mencoba melakukan test pack hasilnya positif tentunya akan sangat membahagiakan, namun ada beberapa kasus yang terjadi ketika test pack hasil positif tetapi ternyata tidak hamil, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Pemeriksaan test pack hanya mengandalkan adanya peningkatan kadar hormon HCG yang dihasilkan oleh calon janin. Dapat terjadi positif palsu, hal ini terjadi pada kehamilan diluar kandungan (kehamilan ektopik), keguguran dan juga blighted ovum (hamil kosong)edangkan negatif palsu pada pemeriksaan test pack juga dapat terjadi.

Terkait denhan kondisi yang Anda alami kemungkinan terjadi Kehamilan kimia (kondisi awal terjadinya keguguran) dimana sperma telah membuahi sel telur tapi kemudian sel telur tidak bisa bertahan untuk menempel didinding rahim. Pada kehamilan kimia, tes kehamilan awalnya positif namun beberapa hari kemudian Anda mendapat menstruasi. Sebaikknya pastikan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan USG kandungan terlebih dahulu.

Sementara ini Anda dapat melakukan:

  • Memperbanyak minum air putih minimal 2 liter perhari.
  • Hindari kondisi stres yang dapat menyebabkan hormon tidak stabil.
  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai sumber antioksidan.
  • Istirahat yang cukup.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi