28 Sep 2021, 03:38Kandungan

Terlambat datang haid dalam 1 bulan apakah hamil?

AF
Info Penanya: AF0
Saya ingin bertanya dok Jika kita belum haid dalam 1 bulan lalu kita melakukan hubungan intim , apakah kita menunggu bulan ini haid atau tidak Untuk memastikan hamil atau tidak Atau kita menunggu bulan depan untuk memastikannya
44 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Siklus menstruasi normal wanita adalah 21-35 hari sekali dan durasi lama haid normal adalah 3-7 hari. Jika Anda sudah tidak haid selama 1bulan, perlu dipastikan lagi kapan tanggal haid terakhir Anda. Hari pertama haid terakhir yang sudah terjadi lebih dari 35hari yang lalu, artinya Anda mengalami gangguan haid dan untuk wanita yang memiliki gangguan haid seperti ini, akan sedikit sulit untuk menentukan kapan masa suburnya.

Penyebabkan terlambat haid 

  • Kehamilan
  • Stres
  • Kelelahan fisik yang belebihan
  • Penyakit organ reprodusi seperti myoma dan PCOS
  • Gangguan hormon
  • Penggunaa alat kontrasepsi hormonal
Kehamilan dapat terjadi jika Anda memiliki riwayat melakukan hubungan tanpa KB. Jika bulan ini Anda belum haid dan ada riwayat hubungan, maka tes kehamilan dalam dilakukan setidaknya 10-14hari setelah hubungan dilakukan untuk memastikan kehamilan. Jika Anda hamil, tentu haid tidak akan terjadi sehingga tidak perlu menunggu siklus selanjutnya. Untuk memastikan hasil pemeriksaan testpack lakukan tes 2x dengan jarak tes 1 minggu. Misalnya di 2minggu setelah hubungan dan 3minggu setelah hubungan. Jika keduanya negatif artinya Anda belum hamil dan adanya kondisi tidak haid selama 90hari merupakan gangguan haid yang perlu dilakukan terapi hormon ke dokter kandungan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil