Terlambat datang haid apa wajar?

IA Info Penanya: IA, Wanita, 1 Tahun
Dokter, saya terlambat datang haid 12 hari, tpi sekarang saya udh keluar darah, dan darahnya hitam mengental,, itu darah ap ya dokter??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IA,

Terlambat haid menandakan ada ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Idealnya seorang wanita akan mengalami haid setiap 21-35 hari sekali, dengan rata-rata berkisar 28 hari sekali.

Bila seseorang mengalami terlambat haid dan selanjutnya keluar haid, maka darah yang keluar tentu saja akan berwarna lebih gelap hingga kehitaman dikarenakan sel darah merahnya sudah berumur tua. Dan seringkali disertai dengan haid yang terasa lebih nyeri. Jadi yang Anda alami seharusnya masih dalam batas kewajaran.

Begitu juga sebaliknya bila siklus haid Anda maju, maka darah yang keluar juga akan berwarna lebih terang atau segar karena sel darah merahnya masih berusia muda.

Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga pola hidup agar siklus haid sebisa mungkin berjalan dengan teratur dan rutin setiap bulannya.

Beberapa tips pola hidup sehat:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Rajin berolahraga.
  • Tidur secara teratur.
  • Hindari stres.

Bila siklus haid Anda sering mundur, atau hingga tidak haid samasekali, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG sehingga dapat dipastikan kondisi organ reproduksi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.