22 Aug 2021, 15:15Kandungan

Terlambat datang bulan tapi melakukan hubungan intim, apakah saya bisa hamil ?

AJ
Info Penanya: AJ, Pria, 26 Tahun
Terlambat datang bulan tapi melakukan hubungan intim
211 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Terlambat datang bulan yang terjadi pada wanita telah menikah, berhubungan intim sebelumnya, tanpa KB, tanpa kondom, maka dapat disebabkan oleh kehamilan. Kehamilan dapat ditandai dengan terlambat datang bulan dan keluhan morning sickness, mual berlebih menjelang pagi hari.

Apakan bisa hamil saat terlambat datang bulan tapi melakukan hubungan intim ?

Anda bisa hamil saat terlambat datang bulan tapi melakukan hubungan intim terutama jika Anda memang berniat melakukan promil dengan memilih tidak KB, pria tanpa menggunakan kondom, atau Anda terlupa untuk KB kembali.Kehamilan dapat terjadi setelah berhubungan atau memang terlambat datang bulan yang Anda alami karena sudah hamil sebelumnya. Beberapa penyebab terlambat datang bulan selain kehamilan diantaranya :
  • Berat badan terlalu gemuk, atau Anda terlalu kurus, banyak pikiran, depresi, stress, haya hidup tidak sehat, terlalu banyak konsumsi junk food, makanan tinggi gula, menganggu siklus haid Anda.
  • Penyakit yang ada antara lain endometriosis, penyempitan dan infeksi pada tuba, kista kandung telur, tumor pituitari, mioma uteri membuat hormon tidak seimbang.
Anda seharusnya melakukan pemeriksaan urin dengan test pack guna memastikan kehamilan. Anda ikuti cara penggunaan test pack, dan lakukan test pack saat pagi hari, agar hasil lebih akurat. Jika hasil test pack samar setelah 2 kali pemeriksaan, lakukan USG di dokter kandungan. Pastikan Anda pakai KB jika tidak ingin hamil ya. Selalu hidup sehat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil