06 Sep 2021, 22:42Kandungan

Terlambat datang bulan apa sebabnya?

IY
Info Penanya: IY0
Dok saya irma usia 25 thn baru menikah bulan mei tgl 30 2021 , sebelum acara resepsi pernikahan saya datang bulan tgl 22 mei. Juni. Jully .datang bulan saya normal lancar terus , setibanya bulan Agustus saya telat sampai tgl 5 September 2021. Dan hari ini tgl 6 -9-2021 tiba tiba keluar darah , seperti datang bulan, apakah kondisi yg saya alami itu tidak wajar dok ?terimakasih ???
78 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang IYKebanyakan mengira bahwa haid teratur adalah dimana tanggal haid sama setiap bulannya. Padahal untuk mengerahui siklus haid termasuk normal atau tidak adalah dengan menghitung jarak hari pertama haid sebelumnya ke haid berikutnya apakah termasuk dalam kisaran normal yakni 21-35 hari.

Penyebab Terlambat Datang Bulan

Jadi dari cerita di atas maka haid anda rata-rata berjarak 30-31 hari dan tanggal 6/9 bisa merupakan siklus haid anda yang terlambat karena jaraknya dari haid yang terakhir melebihi 35 hari yakni kurang lebih 43 hari. Haid terlambat ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan kondisi seperti:
  • stres berat
  • kecapean atau kelelahan
  • penurunan atau penambahan berat badan 
  • hormon tiroid tidak seimbang
  • kehamilan
  • efek kb atau obat-obatan tertentu
  • kelainan di organ reproduksi
  • infeksi
  • tumor atau kanker

Perdarahan Vagina Di Luar Siklus Haid

Anda juga perlu memastikan bahwa darah yang keluar ini bukan merupakan suatu keguguran. Hal ini bisa dipastikan dengan penggunaan test pack yang jika positif bisa menandakan anda mengalami keguguran yang disertai dengan rasa sakit perut hebat, lemas, pusing, mual dan sebagainya. Namun bila hasilnya negatif maka anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini bisa disebabkan salah satu penyebab di atas dan masih dapat diatasi dengan melakukan langkah hidup sehat. Konsumsi makanan ebrgizi seimbang, berat badan yang tidak gemuk atau kurus, menghindari stres dan kelelahan, berolahraga rutin dan tidur cukup.Yang perlu anda waspadai adalah apabila anda tidak haid berulan-bulan melebihi 3 bulan dan terjadinya perdarahan vagina di luar siklus haid dalam waktu yang lama dan berjumlah banyak. Jika dirasakan hal ini maka harus melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
siklus haidhaidmenstruasikegugurangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil