07 Aug 2021, 00:57Kandungan

Penyebab telat haid dan perut membesar seperti orang sedang hamil

PL
Info Penanya: PL0
Hallo dok, Aku telat haid sudah satu bulan lebih,terakhir haid itu tgl 26 bulan Juni dan sampai sekarang aku blm haid lagi. Tapi perutku membesar seperti orang sedang hamil, tetapi aku blm nikah dah tdk pernah melakukan hal intim. Tapi anehnya perutku membesar itu kira² kenapa yah dok? Terimakasih.
165 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, P.Perut membesar dapat dialami oleh ibu hamil. Namun tidak semua wanita dengan perut besar sudah pasti sedang mengandung. Banyak sekali penyebab perut besar pada wanita. Perut besar menimbulkan rasa tidak nyaman, menurunkan percaya diri dan tak jarang memicu keluhan lain.

Apa yang menyebabkan telat haid dan perut membesar ?

Anda yang telat haid sudah satu bulan lebih, terakhir haid tanggal 26 bulan Juni dan sampai sekarang belum haid kembali, perut membesar seperti orang hamil, padahal Anda belum menikah dan tidak pernah berhubungan intim, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Gangguan hormonal karena mioma uteri, kista ovarium, tumor pituitari, infeksi saluran tuba, PCOS, polip rahim, endometriosis, gangguan hormon tiroid.
  • Penumpukan lemak di perut (obesitas sentral).
  • Gangguan fungsi hati dan jantung.
  • Tumor saluran cerna.
  • Irritable bowel syndrome.
Perut membesar bisa berhubungan dengan telat haid maupun sebab lain. Sehingga sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan. Atur pola makan, kurangi makanan manis, makanan tinggi lemak, lakukan olahraga secara rutin, jaga berat badan yang ideal dan stabil. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr.Lidya Hapsari. 
siklus haidgangguan menstruasipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil