Telat haid, apa solusinya?

AN* Info Penanya: AN*
Bulan 5 saya haid nya akhir dan sekarang bulan 6 saya telat datang bulan dan sampai sekarang bulan 7 saya masih belum datang bulan. Apa yg saya harus lakukan??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

Haid atau menstruasi adalah hal alami yang dialami setiap wanita, mulai dari usia remaja sampai tiba masa menopause di usia lanjut. Haid akan dialami secara teratur, normalnya setiap 21-35 hari. Apabila seseorang mengalami haid tidak teratur, atau siklusnya di bawah 21 hari maupun di atas 35 hari, berarti ada sistem hormon tubuh yang tidak normal.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan haid adalah pola hidup yang tidak sehat (kurang bergerak, makan junk food, sering begadang), perubahan berat badan secara drastis, penggunaan alat kontrasepsi hormonal, dan kehamilan. Selain itu, penyakit tertentu seperti PCOS dan kista ovarium juga dapat memengaruhi siklus haid.

Pola Hidup Sehat untuk Haid Teratur

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba dulu menjalankan pola hidup sehat agar hormon tubuh seimbang, dengan cara-cara berikut:

  • Mengonsumsi sayur dan buah yang cukup
  • Mengonsumsi protein yang cukup, seperti ikan, udang, ayam, maupun telur
  • Tidur teratur dan cukupi kebutuhan tidur Anda, yaitu 7-9 jam per hari
  • Bergerak aktif atau rutin berolahraga
  • Menghindari faktor-faktor yang dapat memicu stres, atau melakukan yoga dan meditasi untuk mengendalikan tingkat stres

Jika sudah melakukan hal tersebut namun haid tak kunjung datang, berarti ada hal lain yang menjadi pemicunya, seperti yang telah dijabarkan di atas. Oleh karena itu, jika tidak haid selama tiga bulan berturut-turut (pada kasus Anda, sampai akhir Agustus), segera periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.