Anak 2 tahun belum bisa berbicara, bagaimana cara mengatasinya?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 26 Tahun
AssalamualaikumMaaf saya punya keponakan umur 2tahunBelum bisa bicara sama sekali.Paling cuma "aaaa, hmm" gitu ajaApakah normal?Bahkan mama/ibu/ayah juga ga bisa, intinya g bisa bicara kata2 sama sekali..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selaamt siang AD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Anak usia 2 tahun biasanya sudah bisa merangkai 2 kata seperti mengucapkan mama, susu, dll. Namun Anda tidak perlu khawatir jika selama 2 tahun anak Anda belum bisa mengucapkan beberapa kata. Perkembangan anak memang berbeda beda, keterlambatan berbicara bisa dipengruhi lingkungan, gangguan pendegaran ataupun gangguan lain yang dapat mempengaruhi perkembangan bicara anak.

Beberapa cara untuk melatih berbicara anak :

  1. Amati perilaku anak sehari-hari, apakah anak merespon saat dipanggil dan apakah anak dapat mengerti jika kita menjelaskan suatu barang
  2. Coba ajak bicara dan komunikasi anak lebih sering
  3. Ajari anak untuk bernaynti bersama
  4. Ajak anak untuk bermain bersama dengan teman sebayanya
  5. Latih untuk belajar membaca buku bersama
  6. Selalu puji perkembangan bicara anak
  7. Sabar dalam mengajarkan anak berbicara

Namun jika dengan beberapa cara diatas keluhan terlambat bicara anak Anda belum membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter anak apakah perlu dengan terapi wicara agar lebih terbantu kemampuan bicaranya. Selalu berikan anak makanan bernutrisi tinggi, seperti banyak sayur dan buah, konsumsi susu dan air putih setiap harinya, buat suasana di rumah menjadi menyenangkan untuk anak.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memberikan vitamin zinc untuk anak dapat membantu tumbuh kembangnya

Si Kecil Sering Diare dan Alergi, Saatnya Tambah Vitamin Zinc untuk Anak

Jika anak mengalami kekurangan zinc, memberikan tambahan vitamin zinc untuk anak boleh dilakukan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa ketika anak mendapatkan cukup zinc, maka mereka bisa mencapai berat dan tinggi badan ideal.