terlalu sering sariawan, cara menyembuhkan dan mengantisipasi

Y Info Penanya: Y, Pria, 25 Tahun
Terlalu sering sariawan cara menyembuhkan dan mengantisipasi bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Y

Sariawan terjadi akibat adanya perlukaan pada bibir, lidah, gusi dan rongga mulut, penyebab sariawan bisa karena trauma saat mengunyah, konsumsi makanan panas dan pedas, efek merokok, konsumsi alkhohol, akibat infeksi bakteri dan jamur, gangguan pencernaan, kurang vitamin c dan b kompleks serta adanya penyakit sistemik yang menyertai.

Untuk tatalaksana dan mengantisipasi sariawan anda disarankan menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut, anda juga sebaiknya mengunyah makanan secara perlahan agar tidak terjadi trauma, menghindari rokok, jangan mengkonsumsi makanan terlalu panas dan pedas, perbanyak minum air putih agar mulut tidak kering, sering makan buah dan sayuran serta mengkonsumsi vitamin c. Jika terdapat infeksi dapat dipertimbangkan penggunaan madu pada lokasi sariawan, gunakan antiseptik kumur mulut yang tidak mengandung alkohol, obat tetes nistatin antijamur juga bisa digunakan. 

Jika sariawan meluas disertai luka putih sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, pada kelainan pencernaan, kolitis dan infeksi HIV seseorang mungkin memiliki sariawan yang berat. 

Salam sehat

dr.Zulham

Y
28 Aug 2019, 14:03
Terimakasih dok saranya, kalo sering konsumsi tomat apakah juga bisa mencegah terjadinya sariawan dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit seperti diabetes dan naiknya asam lambung bisa membuat mulut terasa pahit

Secara Medis, Ini Alasan Mulut Terasa Pahit

Mulut terasa pahit atau lidah terasa pahit bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari naiknya asam lambung hingga efek obat. Kondisi ini juga disebut dengan dyegeusia.