terlalu sering onani apakah efek sampingnya

H Info Penanya: H, Pria, 31 Tahun
Dok.. bila terlalu sering onani apa kah efek sampingnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi H

Onani adalah upaya melakukan stimulus seksual pada alat kelamin untuk mendapatkan ejakulasi dan sensasi seksual. Onani tidak menyebabkan masalah kesehatan signifikan, namun jika terlalu sering melakukan onani akan membuat alat kelamin menjadi lecet, infeksi kelamin akibat masuknya kuman dari lubang dan lecet. Selain itu melakukan onani terlalu sering telah dilaporkan membuat seseorang kehilangan hasrat seksual dengan pasanga, sulit berkonsentrasi, mengalami disfungsi ereksi, ejakulasi dini, stress dan tidak fokus. 

Saya sarankan agar anda tidak sering melakukan onani, sebaiknya anda menyibukkan diri dengan belajar, bekerja dan menemukan hobi baru. Anda juga sebaiknya menemukan pasangan hidup dan menikah jika sudah waktunya agar hasrat seksual dapat tersalurkan dengan baik.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak mampu menahan dorongan seksual termasuk salah satu ciri-ciri wanita hiperseks

Ciri-ciri Wanita Hiperseks, Apakah Sama dengan Wanita Libido Tinggi?

Yang dimaksud hiperseks ternyata bukanlah sekedar gairah seksual yang tinggi. Kondisi mental ini bisa berdampak pada kesehatan dan relasi dengan pasangan. Agar lebih waspada, Anda perlu mengenali ciri-ciri wanita hiperseks agar tahu bedanya dengan libido tinggi.