Terkena typus, demam sudah hilang namun masih lemas dan tidur

AL Info Penanya: AL, Pria, 2019 Tahun
dok saya mau tanya,anak saya kemarin demam selama tiga 3 harian,trs berobat kta doktet kena typus,trs sekarang demam sudah hilang,tapi anak saya masih lemas and pengen nya tidur terus,apakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi AL

Penyakit typus disebabkan oleh infeksi salmonela typhi yang menyerang saluran pencernaan, biasanya menimbulkan gejala demam naik turun, membuat lemas, mual muntah, konstipasi, dan menurunnya nafsu makan. 

Pada dasarnya jika terinfeksi typus maka tatalaksana utama adalah pemberian antibiotik. Dengan pemberian antibiotik yang tepas maka bakteri akan habis dan pasien kembali pulih. Kondisi lemas pada anak anda bisa terjadi akibat dua hal yaitu masih adanya infeksi typus yang belum habis atau karena tubuh masih belum sembuh sempurna.  Biasanya tanda infeksi telah habis adalah bebas demam 24 jam, membaiknya nafsu makan dan minum, hilangnya gejala mual muntah dan kembali pulihnya tenaga. 

Pasca infeksi badan mungkin belum sembuh dengan tanda badan masih lemas, untuk itu saya sarankan agar anda memberikan diet lunak sementara waktu agar usus tidak berat mencerna makanan, tambahan multivitamin dan curcuma dapat membantu memulihkan tenaga. 

Sebaiknya anda juga kembali berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksakan kondisi anak anda. 

Salam sehat 

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menu diet keto direkomendasikan mengonsumsi makanan rendah kalori, namun tinggi lemak

10 Makanan Diet Keto yang Wajib Anda Ketahui

Saat menjalani diet keto, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, tapi tinggi lemak, serta membatasi karbohidrat. Anda bisa menemukannya antara lain pada keju, sayuran rendah karbohidrat, serta seafood.