Terkena tumpahan minyak goreng panas

N Info Penanya: N, Pria, 20 Tahun
"dokter saya ingin bertanya, saya kemarin terkena tumpahan minyak goreng panas.. Bagaimana cara menanganinya apa obatnya atau salepnya, dan apakah bekasnya hilang atau tidak hilang?Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N

Terkena minyak goreng panas dapat membuat kulit melepuh menyebabkan luka bakar/ combutio. 

Untuk penanganan awal sebaiknya segera membilas bersih luka bakar tersebut dengan air, selanjutnya segera berkonsultasi dengan dokter. Tatalaksana luka bakar didasarkan pada derajat dan luas luka bakar.

Jika terdapat luka bakar melepuh disertai bula cairan dan luka bakar yang luas atau mengenai wajah maka anda perlu mendapatkan tatalaksana segera berupa resusitasi cairan, pemberian krim silver sulfadiazin, pemberian antibiotik, tindakan operasi debridemen dan rawat inap di rumah sakit.

Namun apabila luka bakar ringan dan tidak luas maka dapat menjalani rawat jalan dengan pemberian krim silver sulfadiazine atau salep antibiotik, selanjutnya dapat mengkompress dengan kassa steril basah dengan cairan Nacl 0,9%. Untuk pencegahan infeksi dapat diberi antibiotik dan jika terdapat nyeri dapat diberikan mengkonsumsi antinyeri NSAID. 

Sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk masalah luka bakar, jika luka bakar ringan maka bekas dapat hilang, namun jika luka bakar berat maka dapat  berbahaya dan meninggalkan bekas skar dan perlu tatalaksana oleh dokter spesialis bedah plastik (SpBP). 

Salam sehat

dr.Zulham

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bekas luka tidak dapat hilang sepenuhnya, namun ada cara yang dapat memudarkannya

4 Metode Penghilang Luka Bakar yang Efektif untuk Anda

Bekas luka tidak dapat hilang sepenuhnya, namun ada cara yang dapat memudarkannya. Perawatan untuk bekas luka bakar terdiri atas empat metode, yaitu dengan krim, prosedur tanpa operasi, laser, dan operasi.