Terkena TBC, apakaah menular dan cara agar tidak terjangkit

NW Info Penanya: NW, Wanita, 2019 Tahun
teman sekamar kos saya positif terkena TBCApakah TBC itu menular.?Apa solusi untuk saya agar tidak terjangkit penyakit yang sama yang disebabkan oleh penularan.? saya sangat khawatir
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NW

TBC disebabkan bakteri Microbacterium tuberkulosis, bakteri ini paling sering mengenai paru dan dapat mengenai organ lain selain paru seperti kelenjar getah bening, usus bahkan otak. 

infeksi TBC paru biasanya membuat seseorang mengalami batuk lebih dari 2 minggu, batuk berdarah, penurunan berat badan, banyak berkeringat, lemas, sesak nafas, demam.

Seseorang dengan infeksi TB paru dapat menularkan ke orang lain saat terbatuk karena terlepasnya droplet bakteri, jika terhirup dapat memicu infeksi TBC paru pada orang lain. Untuk mencegah penularan, maka saat batuk pasien TBC harus menutup mulut atau menggunakan masker, untuk dahak sebaiknya tidak dibuang di sembarang tempat dan harus terkena panas mata hari. Kondisi lingkungan rumah dan tempat tinggal juga harus bersih dengan sirkulari udara terbuka dan terpapar sinar matahari. 

Seseorang yang baru terkena TBC untuk pertama kali harus menjalani pengobatan meminum obat anti TBC selama 6 bulan, antibiotik tidak boleh dihentikan dan harus tuntas. Biasanya dengan pengobatan selama 2 minggu kuman TB tidak menular lagi dan menunjukkan gejala perbaikan, namun pengobatan harus dituntaskan hingga 6 bulan atau atas intruksi dokter.

Pasien dengan TBC tidak perlu di hindari namun harus di dukung agar sembuh, serta harus perbanyak konsumsi makanan tinggi kalori dan protein seperti ayam daging telur. Untuk tambahan suplemen biasanya perlu meningkatkan konsumsi vitamin b6 dan kurkuma atau temulawak.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.