Gatal-gatal di kaki karena infeksi jamur, bagaimana mengobatinya ?

SM Info Penanya: SM
Dok teman saya mengalami gatal" di kulit kakinya kata orang" itu terkena jamur kucing dok , saya mau tanya dok kita" salep untuk menghilangkannya obat apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SM.

Gatal adalah sensasi paling minimal dari nyeri. Gatal sendiri merupakan tanda adanya hal yang tidak tepat sedang terjadi pada lapisan kulit. Penyebab dari gatal dapat beragam, yakni iritasi, alergi, infeksi hingga penyakit autoimun.

Salah satu penyakit tersering yang menimbulkan gejala gatal adalah infeksi jamur. Infeksi ini dapat terjadi di berbagai tubuh, dan umumnya terjadi di bagian yang rentan dalam keadaan lembap seperti kaki.

Infeksi jamur pada kaki dapat berupa tinea pedis atau tinea korporis. Untuk tinea jenis korporis, penularannya dapat terjadi antarmanusia secara langsung atau melalui binatang. Sedangkan tine pedis umum terjadi pada seseornag yang kerap kali menggunakan kaus kaki yang lembap dan berkeringat.

Mengenai keluhan yang dialami oleh teman Anda, masih terdapat dua kemungkinan seperti diatas atau bahkan keadaan gatal yang disebabkan oleh faktor lainnya. Perlu terlebuh dahulu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab dan diagnosis keluhan gatal yang dialami.

Untuk sementara Anda dapat menyarankan teman Anda untuk menghindari keadaan lembap dan menggunakan salep antijamur bergolongan bebas terbatas yang dijual di apotek. Akan tetapi jika keluhan kulit Anda tidak kunjung membaik, periksakanlah diri Anda ke dokter Kulit, karena mungkin keluhan yang dialami sudah memerlukan terapi yang lebih intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bakteri necrotizing fasciitis dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih

Cegah Bakteri Pemakan Daging dengan Perilaku Hidup Sehat!

Melakukan pola hidup sehat dan bersih akan mencegah terserangnya penyakit atau infeksi tertentu. Salah satu infeksi bakteri yang bisa dicegah dengan perilaku hidup sehat adalah necrotizing fasciitis atau bakteri pemakan daging.