Terkena infeksi saluran kemih(ISK),apakah bisa hamil?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 15 Tahun
Dok, Kemarin saya cek lab saya terkena ISK dok. Sy ingin sekali hamil dok.. Gmn ya dok solusinya. Apakh bisa mghambat untuk hamil.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CDIA,

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah peradangan pada daerah kemih yang disebabkan infeksi bakteri, pada umumnya penyebabnya adalah bakteri eschericia coli(e.coli). Bakteri ini merupakan organisme alami yang hidup dan berkembang di saluran pencernaan terutama di usus buntu(appendix), usus besar serta anus. Pada wanita sering terjaangkit penyakit ini dikarenakan saluran uretra lebih pendek daripada uretra pria. Perjalanan bakteri ini dimulai dari lubang saluran kencing (uretra) naik ke atas menuju ke ginjal sehingga pada penderita ini didapatkan gejala seperti sering ingin buang air kecil, nyeri di pinggang, demam sampai menggigil.

ISK dapat membahayakan kandungan/ janin terutama pada ibu hamil karena bisa menyebabkan bayi lahir premature, namun bukan berarti penderita ISK tidak bisa hamil. Oleh karena itu, pada kasus wanita yang ingin hamil maka dilakukan pengobatan terlebih dahulu agar penyakitnya sembuh. 

Beberapa tips untuk menghindari ISK :
  1. Hindari mengusap/membersihkan lubang kencing dari arah anus ke kemaluan, namun lakukan dengan mengusap dari arah kelamin ke anus untuk menghindari invasi e.coli masuk ke lubang kencing
  2. Hindari kebiasaan memakai celana atau celana dalam yang terlalu ketat dan berbahan sukar menyerap keringat
  3. Rutin olahraga
  4. Makan makanan bergizi, suplemen makanan/vitamin serta makanan yg mengandung prebiotik alami misal yogurt
  5. Hindari kebiasaan suka menahan kencing

Berikut saya sertakan artikel Panduan untuk mengobati ISK agar tidak kambuh lagi. Konsultasikan dengan dokter spesialis urologi apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr.Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Irish Bella pernah mengalami infeksi saluran kemih saat hamil

Irish Bella Pernah Alami Infeksi Saluran Kemih saat Hamil, Bagaimana Mengobatinya?

Janin kembar Irish Bella dan Ammar Zoni meninggal dalam kandungan setelah bertahan 6 bulan lamanya. Sebelumnya, Bella juga pernah mengalami infeksi saluran kemih. Bagaimana hal itu bisa terjadi?