Terkena bisa dan membengkak

TP Info Penanya: TP, Pria, 20 Tahun
Dok terkena bisa kuku dan sekarang membengkak, solusinya apa ya dok terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TP,

Terkena bisa baik karena gigitan serangga atau binatang lain dapat menimbulkan sejumlah gejala seperti nyeri, bengkak pada area yang tersengat, ataupun bisa menimbulkan gejala yang lebih berat sampai kematian jika yang menggigit atau menyengat adalah hewan dengan bisa yang berbahaya seperti misalnya gigitan ular, kalajengking ataupun jika sampai terjadi reaksi alergi berat seperti misalnya akibat sengatan lebah atau disebut dengan syok anafilaktik.

Jika sebelumnya tersengat hewan dan kuku menjadi bengkak ada baiknya memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan perawatan luka dimana memastikan sengat hewan sudah keluar dan memberikan penanganan seperti misalnya pemberian obat alergi dan obat untuk mengatasi peradangan baik obat minum atau oles. Hindari menggunakan sembarangan obat atau minyak agar tidak memperbarat gejala yang timbul. Jika terasa sesak, mata membengkak, bibir membengkak, keluar keringat dingin, sakit kepala hebat sampai pingsan maka perlu untuk segera mendapatkan penanganan di rumah sakit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

WHO mencatat ada lebih dari 70 makanan yang menyebabkan alergi

Sering Alergi, Efektifkah Mengetahui Pemicunya dengan Tes Alergi?

Alergi adalah reaksi alami sistem imun manusia bereaksi terhadap asupan makanan tertentu. Untuk mengetahui apabila terkena alergi atau tidak, tes alergi dapat dilakukan.