22 Oct 2020, 01:09Kulit & Kelamin

Kulit terasa terbakar terkena bawang putih

MI
Info Penanya: MI, Pria0
Dok, pipi saya terkena bawang putih sudah 1 bulan, kulit terasa terbakar, itu termasuk luka bakar derajat berapa?sekarang kulit masih ada warna yang merah nampaknya sel kulitnya terbakar, 1 minggu ini saya menggunakan obat ultraderma dan lidah buaya, saya selang seling penggunaannya. Apakah bekas lukanya bisa hilang dok? Membutuhkan waktu berapa lama ya? Terimakasih
3022 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MI,Iritasi pada kulit akibat paparan zat seperti bawang putih bukanlah luka bakar tetapi disebut dengan dermatitis kontak iritan atau peradangan kulit akibat zat iritan seperti bawang putih.

Tanda dan gejala dermatitis kontak iritan

Dermatitis kontak iritan sendiri bisa menimbulkan beberapa gejala seperti:
  • Rasa gatal pada area yang kontak dengan zat
  • Rasa terbakar
  • Perih dan nyeri
  • Menimbulkan luka
  • Bisa menimbulkan demam
Jika mengalami iritasi dan menimbulkan luka. penganan yang dilakukan sudah tepat. Bisa coba pakai kedua krim tersebut secara bersamaan setiap harinya, hindari sering menyentuh kulit yang iritasi dan jika sudah mengering jangan dikelupas kulit yang sudah mengeringnya agar tidak berbekas.Jika tidak juga membaik, periksakan diri pada dokter kulit agar dilakukan penanganan yang tepat dengan kondisi luka Anda. Jaga luka agar tetap kering dan bersih agar luka tidak menjadi infeksi ataupun menyebabkan luka baru yang bisa meluas ataupun menjadi bernanah. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah kulitpenyembuhan lukadermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil