Terkena asam lambung, apakah boleh mengonsumsi obat herbal?

IG Info Penanya: IG, Pria, 2019 Tahun
saya terkena asam lambung apakah boleh saya konsumsi obat herbal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IG,

Penyakit asam lambung merupakan gangguan yang timbul ketika asam lambung meningkat dan dapat naik hingga ke kerongkongan akibat otot bawah kerongkongan melemah. Hal ini dapat menimbulkan sejumlah gejala seperti nyeri ulu hati, rasa sensasi terbakar pada dada, sesak, mual, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan pencegahan seperti menjaga pola makan dengan makan lebih sering dengan porsi kecil, tidak merebahkan diri atau berbaring setelah makan, menghindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung, hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, menjaga berat badan ideal dan melakukan pemeriksaan pada dokter jika keluhan menetap atau bertambah berat agar dilakukan penanganan.

Konsumsi obat herbal sendiri perlu diperhatikan terlebih jika kandungan didalamnya tidak diketahui atau produk tersebut tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Karena konsumsi sembarangan obat herbal dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan lain seperti memicu asam lambung ataupun jika dikonsumsi dalam waktu lama dapat menimbulkan gangguan fungsi hati. Herbal yang dapat digunakan oleh penderita asam lambung sendiri seperti lidah buaya dengan cara di juice atau produk lidah buaya instan atau akar manis. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi perut kembung yang alami sangat beragam, salah satunya dengan mengonsumsi tempe.

17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi perut kembung tidak semata-mata menggunakan obat. Sejumlah cara alami, termasuk dengan menggunakan kompres air hangat dan menghindari makanan asin, bisa meredakan kondisi perut kembung.