Terkait sesak napas dan batuk kering, apa mungkin Corona?

WK Info Penanya: WK, Wanita, 19 Tahun
Selamat pagi dokter, saya mau bertanya 2 hari ini saya batuk kering tidak berdahak, terus serasa ada beban di dada, tapi tidak berat, napas masih seperti biasa, dan juga detak jantung normal, apa kah rasa tertekan di dada itu sesak? Ataukah Corona dokter?Jujur ini membuat panik saya sendiri.Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WK,

Infeksi COVID-19 atau infeksi virus corona adalah infeksi yang menyerang saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala seperti demam, batuk, sesak napas dan bisa disertai sakit tenggorokan dan pilek.

Meskipun begitu tidak selalu setiap gejala adalah karena infeksi COVID-19, bisa karena infeksi lain seperti radng tenggorokan, infeksi saluran pernapasan karena infeksi bakteri ataupun infeksi virus lain.

Dalam hal ini perlu juga diketahui ada tidaknya kontak baik riwayat bepergian ke luar negeri atau daerah yang terdampak corona atau kontak dengan orang yang baru pulang dari luar negeri atau daerah terdampak corona.

Jika ada gejala tapi tidak ada kontak, maka tetap tenang dan waspada.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Bisa dilakukan pengobatan untuk gejala yang timbul dengan mengonsumsi obat batuk seperti guafenesin atau obh
  • Konsumsi bahan alami seperti madu, air jahe atau berkumur air garam
  • Perhatikan pola makan karena sesak juga bisa karena asam lambung akibat pola makan yang tidak baik, jadi bisa juga konsumsi antasida sebelum makan
  • Perbaiki pola makan dengan makan sedikit tapi sering, hindari makanan yang mengiritasi lambung
  • Perbanyak asupan buah dan sayur atau juga bisa mengonsumsi multivitamin
  • Lakukan karantina mandiri dengan tetap dirumah dan hindari kontak fisik erat dengan orang serumah
  • jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum cuci tangan
  • Jika batuk gunakan masker dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik

Jika ada riwayat kontak maka bisa hubungi posko tanggap COVID19 di 119 ext 9 dan ikuti arahan selanjutnya. Tetap tenang dan jangan terlalu khawatir dan lakukan upaya pencegahan agar kita juga bisa memutus rantai penularan dari wabah COVID-19 ini. 

Jika ada demam tinggi, keluhan sesak memberat, maka ada baiknya bisa memeriksakan diri, gunakan masker ketika datang ke fasilitas kesehatan dan rajin mencuci tangan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JT
01 Jun 2020, 00:16
Gejala yg sama seperti yg saya alami tapi saya batuknya sudah dua mingguan, batuk kering rasa tertekan didada kiri dan panas, tapi tidak sesak dan tidak demam.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan di telapak tangan dan pergelangan tangan

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.