14 May 2021, 09:24Penyakit Lainnya

Beda bengkak dan patah tulang apa?

KF
Info Penanya: KF0
Dok kemarin saya jatuh dari tangga dan tulang selangka saya sedikit bengkak namun gerak bahu saya Masi normal dan tidak terdengar bunyi tulang, apa kah itu patah atau bengkak biasa dok ?
215 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang KF,Saat terjatuh salah satu bagian tulang yang mudah mengalami cedera selain tulang pergelangan tangan dan tulang paha adalah tulang selangka. Rulang selangka ini biasanya mengalami cedera bila Anda terjatuh dengan posisi dada membentur lantai.

Perbedaan antara bengkak dan patah tulang:

  • Sama-sama akan menimbulkan bengkak namun pada patah tulang bila tulangnya diraba di area yang bengkak akan terasa krepitasi atau gesekan.
  • Pada bengkak cenderung bengkaknya halus sedangkan pada patah tulang yang mana tulangnya bergeser akan tampak lebih menonjol.
  • Nyeri saat digerakkan dan nyerinya tidak tertahankan pada patah tulang.
Bila bahu Anda masih bisa bergerak normal dan tidak terasa gesekan tulang maka kemungkinan tulang Anda masih utuh. Namun perlu diketahui bahwa pada tulang selangka memang keluhan nyerinya tidak separah pada bagian tulang yang lainnya sehingga Anda tidak bisa menyepelekannya. Sebaiknya tetap lakukan rontgen tulang ke Rumah Sakit terdekat untuk memastikan tulang Anda. Jangan sampai terjadi patah tulang yang terabaikan dan proses pemulihannya nantinya menjadi bengkok.

Penanganan di rumah yang bisa dilakukan untuk cedera tulang selangka adalah:

  • Batasi pergerakan bahu sebisa mungkin tangan diistirahatkan.
  • Selama 2 hari awal kompres menggunakan es batu. Pada hari ke tiga dan selanjutnya kompres menggunakan air hangat untuk meredakan bengkaknya.
  • Minum paracetamol untuk mengurangi nyerinya.
  • Gunakan pakaian berkancing agar mudah dipakai dan mengurangi pergerakan bahu.
Segera lakukan foto rontgen guna memastikan tulang selangka Anda. Lakukan pemeriksaan ke dokter tulang bila nantinya ternyata tulang selangka Anda memang patah atau retak.Salam sehat,dr. Vina
cedera bahupatah tulangpenyembuhan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil