07 Oct 2020, 10:49Kandungan

Tes kehamilan positif, apa rekomendasi makanan ibu hamil?

SF
Info Penanya: SF0
Saya Zhe usia 25 thn,wanita Dok saya dlu pernah keguguran dikarenakan janin tdk berkmbang. Dan sekrng saya telat haid uda 1 bulan lebih stlah saya test tgl 1 2020 hasil ttp negatif. Setelah saya test lgi subuh tgk 4 2020 hasil positif. Dan saya merasakan nyeri seperti mau haid. gimana dok apakah saya beneran hamil? apa yg harus saya kosumsi agar janin saya berkembang dgn baik. Dan tdk terjdi keguguran lagi
335 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, STerima kasih atas pertanyaan AndaTes kehamilan atau kerap disebut dengan test pack adalah suatu alat yang digunakan untuk mengetahu adanya kehamilan. Alat ini mendeteksi sebuah hormon yang disebut dengan hormon HCG pada urin wanita. Hormon HCG ini biasanya sudah bisa terdeteksi sejak hari ke 12 - 14 setelah terjadi pembuahan. Selain menggunakan test pack, untuk memastikan adanya kehamilan bisa diketahui dengan pemeriksan fisik dan pemeriksaan USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan.Menjaga asupan nutrisi pada ibu hamil, sangat penting. Hal ini dikarenakan makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Adapun beberapa contoh makanan sehat yang disarankan untuk ibu hamil adalah:

  • Daging tanpa lemak
  • Telur
  • Susu dan produk olahan susu
  • Polong-polongan, seperti kacang panjang, kacang polong, buncis, kedelai, kacang tanah dan lain sebagainya
  • Ikan salmon
  • Sayuran hijau, seperti brokoli, bayam dan lain lain
  • Buah-buahan seperti, apel, anggur, alpukat, buah delima, mangga, jeruk, pisang, pir, jambu dan lain lain
Jika Anda sudah melakukan tes kehamilan dengan cara yang benar dan dinyatakan positif, maka Anda kemungkinan Anda benar hamil. Untuk lebih memastikannya lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan USG kehamilan. Keluhan nyeri perut dan rasa tidak nyaman pada usia kehamilan muda kerap terjadi karena beberapa hal salah satunya adalah karena perngaruh hormonal. Pastikan Anda rutin melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 4x selama masa kehamilan, hindari pantangan makanan untuk ibu hamil, atasi stres, hindari kelelahan, dan lakukan istirahat cukup agar Anda dan janin tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilhamilkehamilantes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil