Terimasuk penyakit mental apa yang saya alami?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mengalami tekanan dari keluarga saya, sering sekali mereka membuat asa putus asa dan menyiksa saya. Sekarang saya mengalami hal emosional yg tidak terkontrol sehingga sering sekali saya mencoba bunuh diri, teriak teriak jika sedang marah lalu setelah nya saya merasa sesak. Jika saya sedang tertekan saya merasa pusing dan emosi yg di luar kendali. Termasuk penyakit emosional apa dan bagaimana mengatasinya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Kesehatan mental seseorang bisa dipengaruhi oleh beragam hal mulai dari faktor lingkungan sosial, ekonomi, pekerjaan, keluarga dan lainnya. Ketika seseorang mengalami kondisi mental yang tertekan dan tidak bisa mengatasinya hal ini bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu.

Ada beragam jenis gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah stres yang bisa berlanjut jika tidak bisa dikelola dengan baik. Jika sering kali merasa emosi, merasa sedih, merasa tidak berharga, menarik diri dari pergaulan, menyalahkan diri sendiri, kehilangan minat dari yang disenangi hingga menimbulkan keinginan menyakiti diri sendiri bisa mengacu pada depresi.

Untuk itu perlu segera diatasi dan ditangani. Ada baiknya bisa berbagi cerita pada teman atau keluarga yang dipercaya agar bisa membantu melegakkan perasaan dan mengurangi beban yang ada. Jika masih sulit, kami sarankan untuk bisa berkonsultasi pada profesional seperti dokter spesialis kejiwaan atau psikiater ataupun juga bisa berkonsultasi pada psikolog. Nantinya akan diberikan konseling, psikoterapi ataupun pengobatan jika diperlukan.

Upayakan jangan menutup diri dan lakukan kegiatan lain yang bisa membantu mengurangi beban yang ada bisa dengan berolahraga, mengikuti kegiatan bersama komunitas dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya wanita, pria pun bisa mengalami depresi post partum.

Selain Wanita, Ternyata Pria Juga Bisa Alami Depresi Berat

Pria ternyata bisa mengalami depresi berat, setelah istri menjalani persalinan. Sayangnya, kondisi depresi berat ini kerap diabaikan.