26 Apr 2021, 22:20Pernapasan

Kenapa batuk darah disertai sesak napas?

AO
Info Penanya: AO, Pria, 33 Tahun
Slamat malam dokter saya mau tanya,suami saya sakit 2 th belakangan ini.sesak napas,mual,muntah,pusing,kadang g enak makan,dan batuk2 terus sampai kadang keluar darah.dan waktu itu dia pnya riwayat sakit paru2 tapi sudah berobat selama 6 bln. Lah skrang sudah 4 kali tes dahak hasilx negatif non reaktif. Yg saya mau tanyakan apakah suami saya terkena pnyakit lain kah dok selain paru2?atw bagaimana,trmksh?
54 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, AOTerima kasih atas pertanyaannya.Batuk disertai darah dapat terjadi karena adanya infeksi di paru ataupun luka di tenggorokan.  Banyak faktor penyebab batuk disertai darah.  Paling banyak karena gangguan di saluran napas.

Penyebab batuk berdarah :

  • Batuk lama yang terlalu keras sehingga menimbulkan luka di tenggorokan.
  • Infeksi pada saluran paru atau biasa dikatakan bronkitis.
  • Peradangan pada paru contohnya pneumonia dan TBC. Keluhan ini akan disertai dengan demam, keringat dingin, berat badan menurun, batuk lama.
  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yaitu sekumpulan pneyakit paru yang menyebabkan keparahan di dalam paru. Biasanya faktor merokok lama menjadi pemicu timbulnya penyakit kronis ini. 
  • Penyakit pada jantung.
  • Riwayat cedera pada dada.
Rasa sesak, mual, muntah, dan tidak nafsu makan juga dapat disebabkan oleh asam lambung yang naik atau infeksi saluran cerna.  Perihal yang ditanyakan, kebanyakan sesak dan batuk darah karena gangguan di paru walaupun begitu tetap memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis paru guna memastikan penyebab dari kondisi suami anda.  Dengan diketahui penyebabnya dokter paru akan memberikan penanganan yang sesuai. Sementara ini perbanyak minum air putih hangat, hindari berbaring setelah makan, beri asupan makan yang sehat dan bergizi, batasi penggunaan MSG, pedas, asam, kopi, teh,serta soda.  Istirahat cukup dan olahraga ringan 3-4 kali seminggu.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
radang saluran pernapasangerdbronkitispneumoniappok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil