11 Jan 2021, 01:20Penyakit Lainnya

Cekungan di tulang rusuk kanan apa wajar?

WN
Info Penanya: WN0
Dokter nama saya waidana apakah berbahayakah jika terdapat cekungan di tulang rusuk sebelah kanan, saya sudah lama mengidap ini dok, sekitar umur 3 tahun saya baru menyadari kondisi saya yang seperti ini, seiring berjalannya waktu saya beranjak dewasa dan saya kurang percaya diri atas kondisi saya karna itu mempengaruhi pertumbuhan payudara saya, berbeda dengan orang2 diluar sana dok, apakah perlu tindakan medis untuk kondisi saya ini dok?
287 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang WN,Tulang rusuk adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk menjaga organ-organ tubuh di dalamnya seperti jantung dan paru-paru. Selain itu tulang rusuk juga berfungsi untuk memberi bentuk pada tubuh dan menyokong tubuh.Perihal cekungan yang tampak pada tulang rusuk dada kanan maka tentunya perl dilihat secara langsung. Karena bisa saja cekungan tersebut terbentuk akibat berat badan Anda yang terlalu kurus. Atau memang ada kelainan bentuk pada rongga dada Anda.

Berikut ini kelainan bentuk rongga dada yang muncul sejak anak-anak dilahirkan:

  • Pectus excavatum. Kelainan rongga dada yang mana bentuk dada cekung ke dalam.
  • Pectus carinatum. Disebut juga dengan pigeon chest atau dada burung karena bentuk rongga dada cembung menyerupai dada burung.
Selain kelainan tulang rusuk, masalah pada tulang belakang juga bisa menyebabkan bentuk dada menjadi tidak normal. Sehingga perlu dilihat secara langsung kelainan bentuk dada yang Anda maksudkan.Saat ini yang bisa Anda lakukan adalah membiasakan posisi duduk dan berbaring yang benar, jangan membungkuk atau terlalu menengadah ke atas. Hindari kebiasaan mengangkat beban berat. Lakukan pemeriksaan ke dokter tulang agar bisa dilakukan foto rontgen guna memastikan bentuk tulang-tulang Anda.Salam sehat,dr. Vina
masalah tulangskoliosiskifosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil