Kenapa ada benjolan di vagina?

AW Info Penanya: AW, Wanita
Dok saya aw sya umur 21 tahun sya mau tnyak apa penyebab dan cara mengobatinya karna di daerah dalam area kewanitaan saya timbul benjolan kecil kecil kurang lebih 5 di sekitarnya dan itu rasanya gatal banget dan ada benjolan sebesar biji jagung yg terasa sakit waktu saya buang air kecil tapi saya tidak lagi keputihan dan ini pertama kalinya dok , kira" itu knp ya dok tolong di jawab ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AW,

Vagina adalah salah satu area yang sensitif dan mudah mengalami infeksi, sehingga perlu menjaga kebersihan area kelamin dengan baik.

Beberapa penyebab munculnya benjolan pada vagina adalah:

  • Kutil kelamin. Benjolan bergerombol yang muncul akibat infeksi HPV (Human Papilloma Virus) yang juga bisa menyebabkan kanker serviks. Infeksi virus ini terjadi akibat kebiasaan berganti-ganti pasangan seksual atau berhubungan seksual saat usia masih remaja.
  • Kista bartholin. Adanya sumbatan pada kelenjar bartholin akan menyebabkan cairan tidak bisa keluar dan akan terbendung membentuk kista. Pada awalnya benjolan ini tidak sakit, namun bila benjolan ini terinfeksi oleh bakteri maka akan meradang dan disebut dengan bartholinitis.
  • Herpes genital akibat infeksi menular seksual.
  • Varises vagina.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi benjolan tersebut adalah:

  1. Rutin berendam menggunakan air hangat atau kompres dengan air panas.
  2. Basuh kelamin dari depan ke belakang dan dilap kering, jangan menggunakan celana dalam dengan posisi kelamin masih basah.
  3. Hindari berganti-ganti pasangan seksual.
  4. Benjolan jangan ditekan-tekan.
  5. Boleh berendam menggunakan air rebusan daun sirih sehari 2 kali pagi dan sore masing-masing 20 menit.

Bila benjolan semakin membesar atau muncuk keputihan yang berbau busuk, amis atau gatal maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AW
10 May 2020, 22:11
Mungkin gak benjolan itu bisul di vagina dok saya dapat baca ada kemungkinan itu bisul karna selama 2 hari ini saya selalu coba buat berendam dengan air hangat dan kompres dengan air hangat trus seperti muncul nanah dok tapi bukan keputihan dok menurut dokter apa yang harus saya lakukan selanjutnya ? Apa bener juga ada kemungkinan itu bisul dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
11 May 2020, 12:59
Selamat siang AW,
Bisa saja benjolan tersebut berupa bisul bila ada nanahnya. Tetap lanjutkan mengompres dengan air hangat. Bila benjolan sampai pecah, maka tekan dan keluarkan nanahnya sekalian sampai bersih hingga keluar darah baru dikompres dengan es batu
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh AW
11 May 2020, 16:11
Apa tidak bahaya dok jika saya tekan sendiri nanahnya jika dia tidak keluar dengan sendrinya ? Takutnya jika saya paksa keluar atau saya pencet malah terjadi infeksi soalnya gak cuma satu dok solusinya gmn ya dok kira" ? Mksih ya dok sudah mau menjawab
Dibalas oleh AW
11 May 2020, 21:10
Dok lagi satu trus saya harus beli apa ya agar luka yg habis keluar nanah itu cepat kering ? Mohon di jawab ya dok trimakasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
12 May 2020, 08:01
Hi, AW.
Sebaiknya benjolan tersebut jangan Anda pencet sendiri jika belum pecah agar tidak terjadi infeksi. Untuk mengobatinya, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter langsung agar diperiksa lebih lanjut sehingga pengobatannya pun tepat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan obat oles merupakan cara mengobati herpes yang dinilai cukup efektif

Beragam Cara Mengobati Herpes Simplex Tipe 2 yang Tepat

Penyakit kulit herpes simplex tipe 2, merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sering terjadi. Meski tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, namun cara mengobati herpes yang tepat, dapat membantu meredakan gejala yang dirasakan, serta mempersingkat masa aktif virus.