11 Sep 2021, 23:38Kepala

Penyebab muntah pada anak setelah kepala terbentur, apakah geger otak ?

DA
Info Penanya: DA0
Selamat malam dokter.... Ijin bertanya.... Anak saya umur 13 bulan jatuh terpeleset oleh bola kemudian jatuh sehingga kepala bagian belakang terbentur. Setelah itu muntah banyak kemudian ngantuk tidur sekitar 30 menit. Setelah bangun bermain kembali. Tapi selang 30 menit muntah banyak lagi. Kemudian ngantuk tidur lagi. Mohon penjelasannya dokter.
186 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, D.Muntah dapat terjadi pada setiap orang baik anak-anak, remaja dan orangtua, yang diawali oleh mual, nyeri ulu hati, tidak enak di perut, begah, kembung, atau muntah yang dipicu berbagai penyakit termasuk benturan pada kepala.

Apa yang menyebabkan muntah pada anak setelah kepala terbentur ?

Anak Anda umur 13 bulan jatuh terpeleset oleh bola kemudian jatuh sehingga kepala bagian belakang terbentur. Setelah itu muntah banyak kemudian ngantuk, tidur sekitar 30 menit. Setelah bangun bermain kembali.Tapi selang 30 menit muntah banyak lagi. Kemudian ngantuk tidur lagi, ini dapat disebabkan oleh benturan kepala yang cukup keras sehingga menciderai otak, meningkatkan tekanan intracranial dan memicu muntah.Selain itu, penyebab muntah pada anak Anda dapat pula dipicu oleh :
  • Anak stress dan trauma setelah kepala terbentur.
  • Nangis terlalau keras memicu rasa mual dan muntah.
  • Asam lambung yang meningkat dimana anak sering telat makan, makan sedikit, makan makanan asam dan kurang bersih.
  • Makan terlalu banyak dan terburu-buru.
  • Keracunan makanan.
Sebaiknya Anda membawa anak periksa ke dokter spesialis anak, dokter akan melakukan, pemeriksaan fisik menyeluruh, kepala anak, pemeriksaan penunjang berupa rontgen maupun CT scan jika dibutuhkan.Untuk sementara pastikan anak sadar, tetap berikan minum sedikit demi sedikit pada anak, berikan parasetamol jika anak merasa nyeri, kompres dingin pada kepala yang terbentur.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan anakanak muntahgegar otak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil