Kenapa terasa sakit perut bagian ulu hati?

IY Info Penanya: IY, Wanita, 1 Tahun
Kenapa perut pada bagian pusar apabila di tekan terasa sakit pada bagian uluhati dan lambung sehingga penafas terganggu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam IY,

Sakit perut terutama di ulu hati adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab. Salah satunya akibat penyakit asam lambung, penyakit maag, gangguan hati, gangguan pankreas, gangguan jantung, iritasi usus dan beragam penyebab lainnya.

Peningkatan asam lambung sendiri bisa memicu rasa tidak nyaman di ulu hati, rasa terbakar di dada sampai menimbulkan seperti sesak dan kesulitan bernapas.

Paling sering kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari seperti pola makan sehari-hari yang kurang baik, makan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, berlemak, ataupun juga bisa dipicu oleh kondisi psikis seperti stres atau cemas.

Untuk mengatasinya perlu memperbaiki pola keseharian seperti memperbaiki pola makan, makan sedikit tapi sering, mengonsumsi antasida sebelum makan, kelola stres dan periksakan diri pada dokter. Jika dibiarkan tidak jarang bisa memicu terjadinya gangguan yang lebih berat seperti adanya luka atau tukak di lambung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik saat puasa dapat dicegah dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi

Asam Lambung Naik Saat Puasa? Cegah dengan 7 Cara Efektif Ini

Saat berpuasa tubuh rentan mengalami asam lambung. Menghindari makanan seperti makanan asam, pedas, dan minuman yang mengandung kafein merupakan cara mencegah asam lambung naik saat puasa.